http://referensicatur.blogspot.com/2013/05/file-101-prinsip-dasar-bermain-catur.htmlBerikut
ini tulisan yang "disumbangkan" oleh Alan Roche, seorang anggota
premium pada situs catur chess.com yang berasal dari Leicester, Inggris. Meskipun mungkin tampak "sepele"
tetapi faktanya sangat penting dalam penerapannya secara praktis dalam
permainan.
Segera kembangkan semua Perwira.
Tujuan utama pada pembukaan adalah untuk
mengembangkan Perwira dan melakukan rokade sesegera mungkin. Pembukaan
dikatakan telah selesai ketika kedua Benteng dari salah satu atau kedua pemain
saling terhubung. Pemain yang lebih dulu menyelesaikan pengembangan awal akan
memperoleh keuntungan inisiatif.
Kembangkan Kuda sebelum Gajah
Gajah dapat mengendalikan beberapa petak
dari posisi awalnya (jika tidak ada bidak yang menghalangi jalannya), sedangkan
Kuda hanya menguasai petak-petak terdekatnya sehingga memerlukan waktu lebih
lama untuk mencapai daerah lawan.
Jangan memindahkan dua kali buah yang sama
selama pembukaan
Tempatkan buah Anda di posisi terbaik pada
langkah pertama. Melangkahkan buah yang sama lebih dari sekali selama pembukaan
akan membuang-buang waktu dan mungkin akan merugikan inisiatif Anda dalam
permainan.
Jangan membuat langkah tak perlu bidak
selama pembukaan
Selama pembukaan langkah bidak harus
dibatasi agar waktu yang tersedia dapat digunakan untuk mengembangkan perwira.
Umumnya langkah bidak itu tepat ketika pemain bertujuan untuk membuka diagonal
untuk Menteri atau Benteng atau menduduki pusat.
Jangan skak jika tidak perlu
Skak yang dapat dengan mudah ditangkal
oleh lawan adalah skak yang tidak perlu. Sebagian besar skak selama pembukaan
dapat dengan mudah ditangkal oleh langkah yang mendukung pengembangan.
Jangan membuka posisi jika Anda terlambat
dalam pengembangan
Posisi terbuka mendukung pihak yang
memiliki para perwira yang terlibat dalam permainan. Oleh karena itu pemain
yang memiliki keunggulan dalam pengembangan harus menghasilkan posisi terbuka.
Tempatkan Menteri di belakang bidak
pendukungnya selama pembukaan
Karena Menteri adalah perwira yang sangat
kuat maka sangat rentan terhadap serangan terus-menerus dari lawan. Oleh karena
itu lebih baik menempatkannya di belakang bidak, sebaiknya pada baris kedua
sehingga baris pertama terbebas untuk pengembangan Benteng.
Hindari pertukaran perwira yang berkembang
terhadap perwira yang tidak berkembang
Umumnya hal yang buruk bila menukarkan
perwira dalam posisi baik terhadap perwira dalam posisi buruk. Bila Anda
menukarkan salah satu perwira yang berkembang terhadap salah satu perwira lawan
yang tidak berkembang berarti Anda membuang-buang waktu.
Hal yang sama berlaku jika Anda menukarkan
perwira yang telah banyak melangkah terhadap perwira lawan yang hanya sekali
melangkah.
Rokade sesegera mungkin
Keselamatan Raja adalah salah satu hal
yang paling penting untuk dipedulikan pada saat pembukaan dan permainan tengah.
Raja yang berada di pusat akan selalu menjadi sangat rentan terhadap serangan
lawan, terutama dalam posisi terbuka. Rokade berarti menempatkan Raja Anda
nyaman di belakang blokade bidak dan memungkinkan pengembangan salah satu
Benteng Anda. Dengan demikian Benteng dapat segera menempati lajur terbuka atau
setengah terbuka.
Rokade ke sayap Raja lebih aman daripada
rokade ke sayap Menteri
Usahakan untuk mencegah lawan rokade
Jika lawan menunda-nunda rokade, usahakan
agar Raja lawan tertahan lebih lama pada posisi awalnya. Salah satu cara yang
paling umum dilakukan adalah mengendalikan petak yang dilintasi Raja pada saat
rokade (yaitu petak f1 atau g1 pada Putih, petak f8 atau g8 pada Hitam). Sering
kali pula diperlukan pengorbanan bidak untuk menjaga agar Raja tetap di tengah.
Kuasai wilayah seluas mungkin
Pemain yang memiliki keunggulan ruang memungkinkan pergerakan yang
lebih leluasa untuk para perwiranya, sehingga mereka dapat berpindah dari satu
sisi ke sisi lain dengan lebih luwes (fleksibel). Sebaliknya, pemain dalam
posisi ruang yang lebih terbatas akan menemui kesulitan dalam melakukan manuver
(gerakan tangkas dan cepat) dari para perwiranya, yang mungkin akan berakibat
fatal ketika mereka diminta untuk membela Rajanya.
Majukan bidak untuk menguasai ruang
Meskipun memajukan bidak adalah sumber
utama untuk membatasi posisi lawan, namun harus dipertimbangkan dengan
hati-hati karena bidak yang telah jauh dari posisi awalnya lebih sulit untuk
dibela. Selanjutnya, setiap perkembangan posisi yang dibangun oleh bidak
menciptakan kelemahan pada petak yang berdekatan, yang dapat ditempati oleh
perwira lawan.
Bidak yang sudah maju lebih sulit untuk
dilindungi
Bidak lemah adalah bidak yang tidak dapat
dibela oleh bidak lain, sehingga harus dibela oleh perwira, ketika berada di
bawah serangan. Perwira tersebut menjadi kurang efektif karena perannya harus
bertahan (defensif), sedangkan perwira lawan berperan aktif.
Tempatkan bidak Anda di pusat
Pusat papan catur terdiri dari petak e4,
e5, d4, dan d5. Perluasan pusat adalah daerah persegi panjang yang meliputi
petak yang membentuk c3, c6, f3, dan f6. Bidak adalah buah terbaik untuk
menduduki pusat karena, berbeda dari para perwira, bidak tidak rentan oleh
serangan bidak lawan.
Usahakan perwira Anda sedekat mungkin
dengan pusat
Dari pusat perwira lebih baik dalam
mengendalikan petak-petak daripada dari tempat lain di papan. Kuda, misalnya,
dapat berpindah ke 8 petak berbeda dari pusat sementara itu hanya memiliki 2
pilihan ketika berada di pojok. Mengendalikan pusat juga penting karena
memungkinkan perwira untuk bergerak cepat dari satu sisi ke sisi lain di papan,
sehingga jika perwira Anda bergerak lebih cepat daripada perwira lawan maka
Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk membuat serangan yang berhasil.
Jika akan menukarkan bidak, usahakan
ketika bidak Anda sedekat mungkin ke pusat
Jika dua bidak Anda dapat merebut kembali
perwira lawan yang sebelumnya menangkap salah satu perwira Anda, dianjurkan
untuk memindahkan bidak yang - pada akhirnya - akan paling dekat ke pusat,
karena bidak pusat lebih penting daripada bidak sayap.
Kendalikan pusat sebelum menyerang
Serangan di sayap yang berhasil sebagian
besar bergantung pada kendali pusat.
Oleh karena itu yakinkan diri dulu bahwa
pusat telah kuat dan kukuh (stabil) sebelum memulai serangan sayap.
Bidak adalah dasar (fondasi) dari strategi
Susunan (struktur) bidak merupakan fondasi
untuk posisi apapun, karena dapat meningkatkan atau mengurangi efektivitas
perwira. Untuk mencapai susunan bidak yang baik maka semua jenis bidak yang
lemah harus dihindari, yaitu: bidak terasing, bidak susun, bidak belakang, dan
bidak gantung.
Kelemahan bidak bersifat abadi
Perwira dapat melangkah ke berbagai petak
untuk menjadikannya lebih aktif, sedangkan bidak memiliki keterbatasan dalam
hal itu dan kelemahannya itu berlaku seterusnya.
Oleh karena itu jika lawan memiliki bidak
lemah, Anda tidak perlu terburu-buru untuk menghadapinya.
Hindari bidak susun
Bidak susun adalah dua bidak berwarna sama
yang bersusun pada kolom yang sama. Bidak susun kurang memiliki kesiapsiagaan
untuk bergerak(mobilitas) daripada bidak yang normal dan lebih rentan terhadap
serangan, terutama ketika terasing. Namun, tidak selalu berarti merugikan.
Penguasaan terhadap lajur terbuka atau setengah terbuka yang berdekatan, atau
bahkan kendali tambahan terhadap pusat, seringkali menjadi kompensasi yang
memadai.
Hindari bidak terasing
Bidak terasing adalah bidak yang tidak
mempunyai teman pada lajur yang berdekatan. Oleh karena itu dia tidak dapat
dibela oleh sesama bidak, sehingga ketika bidak itu diserang harus dilindungi
oleh perwira.
Kelemahan utama dari bidak terasing adalah
petak yang berada persis di depannya menjadi lemah (membentuk lubang), karena
tidak dapat dikendalikan oleh bidak lain dan mudah diduduki oleh perwira lawan.
Bidak terasing bahkan lebih rentan ketika
berada dalam lajur setengah terbuka, karena akan menjadi sasaran empuk bagi
Benteng lawan.
Hindari bidak belakang
Bidak belakang adalah bidak yang lebih
dekat ke posisi awalnya dibandingkan dengan kawan-kawan terdekatnya dan
terhalang untuk maju karena petak di depannya berada di bawah kendali bidak
lawan.
Bidak belakang biasanya mengganggu
komunikasi antara para perwira yang bertahan (defensif) dan petak lemah
(lubang) di depannya dapat dengan mudah ditempati oleh perwira lawan.
Hindari membuat lubang (petak lemah)
Setiap kali Anda memajukan bidak, petak di
sampingnya menjadi lubang. Lubang adalah petak yang tidak dapat dilindungi oleh
bidak. Kerugian utamanya adalah petak itu mudah ditempati oleh perwira lawan,
meningkatkan efektivitasnya, dan mereka tidak mudah diusir dari posisinya
karena mereka terbebas dari serangan bidak.
Hindari pulau bidak
Kelompok bidak yang terpisahkan dari yang
lainnya oleh satu atau lebih lajur disebut pulau bidak. Setiap pulau merupakan
posisi dasar yang harus dilindungi para perwira. Oleh karena itu semakin banyak
pulau yang dimiliki maka semakin sulit untuk membelanya. Dengan demikian perlu
dipertimbangkan pengaruh terhadap susunan bidak setiap kali Anda mempertukarkan
perwira. Dalam permainan akhir, jumlah terkecil pulau dapat dianggap sebagai
keuntungan yang signifikan.
Pikirkan baik-baik sebelum memajukan bidak
gantung
Bidak gantung adalah dua bidak
berdampingan yang tidak memiliki kawan lain pada petak yang berdekatan. Jika
keduanya berada pada baris yang sama maka mereka dapat mengendalikan banyak
petak di depannya, yang merupakan keuntungan, tetapi di sisi lain mereka tidak
bisa dibela oleh bidak lainnya. Memajukan salah satu dari mereka akan
menciptakan bidak belakang dan lubang, keduanya akan menjadi sasaran lawan.
Berikan tekanan pada bidak belakang lawan
Biasanya cara terbaik untuk memperdayai bidak
belakang adalah dengan memberikan tekanan terhadapnya, sehingga lawan
menggunakan sumber daya dalam mempertahankannya, setelah itu barulah membuat
serangan pada titik lain
Paksa lawan untuk memajukan bidak gantungnya
Untuk melawan bidak gantung, Anda harus
memberikan tekanan terhadapnya sampai bidak itu maju, yang akan menghasilkan
lubang yang dapat Anda duduki.
Bila memungkinkan, buatlah bidak bebasBidak bebas adalah bidak yang tidak
berhadapan dengan bidak lawan sepanjang lajurnya atau dalam lajur yang
berdekatan. Bidak bebas dianggap sebagai senjata yang sangat berbahaya karena
dapat mencapai baris terakhir untuk dipromosikan.
Selalu rintangi (blokade) bidak bebas
lawan
Bidak bebas dapat menjadi senjata yang
sangat kuat, terutama ketika dilindungi dengan baik oleh perwira lawan, karena
itu harus segera dihambat secepat mungkin.Merintangi bidak adalah mencegah bidak
maju dengan menempatkan perwira pada jalan yang dilaluinya. Kuda dan Gajah
dianggap sebagai perwira terbaik dalam melakukan perintangan (blokade).
Kuda adalah perwira terbaik untuk
merintangi bidak bebas
Berkat kemampuannya untuk melompati semua
buah, Kuda dianggap perwira terbaik untuk merintangi bidak bebas, karena
jangkauan/jelajahnya tidak terganggu oleh bidak itu sendiri.
Gajah adalah perintang terbaik kedua,
terutama jika diagonal yang berdekatan dengan bidak sudah terbuka.
Bidak mayoritas yang jauh dari Raja lawan
adalah keuntungan
Bidak mayoritas adalah banyak bidak yang
dimiliki oleh seorang pemain pada satu sisi (sayap) melebihi banyak bidak
lawannya. Sebagai contoh, 2 melawan 1, 3 melawan 2, dll.
Dalam banyak kasus, bidak mayoritas
menghasilkan keuntungan ruang tetapi yang paling penting adalah bidak mayoritas
selalu menghasilkan bidak bebas, jika bidak itu dimajukan dengan benar.
Serangan minoritas
Ketika salah satu pihak memiliki bidak
mayoritas di satu sisi maka pihak lawannya mungkin akan melakukan serangan
minoritas. Serangan ini dilakukan dengan cara memajukan bidak untuk memaksakan
pertukaran agar lawannya bersisa satu bidak terasing atau bidak belakang.
Hindari pertukaran yang tidak perlu
Sebagai aturan umum, Anda harus
mempertukarkan perwira hanya: ketika lawan memiliki inisiatif ketika Anda berada dalam posisi terbatas untuk melemahkan susunan (struktur) bidak
lawan ketika Anda memiliki keuntungan materi untuk menukarkan perwira pasif terhadap
perwira aktif lawan untuk menyederhanakan posisi agar mencapai
permainan akhir yang lebih menguntungkan untuk melenyapkan pertahanan lawan yang
penting
Nilai perwira bervariasi sesuai dengan
posisiny
Nilai perwira, umumnya, konsisten terhadap
jumlah petak yang dikuasainya karena semakin banyak petak yang dikendalikan
maka semakin mengancam lawan.Posisi baik dari suatu perwira bernilai jauh lebih
tinggi daripada perwira lawan yang setara yang menempati posisi buruk. Secara
umum, posisi baik dari suatu perwira memiliki kualitas sebagai berikut:
terlindung (aman), memiliki mobilitas yang luas, tidak mudah diserang, bekerja
sama dengan perwira lainnya, dan menyerang perwira atau bidak lawan.
Bila memungkinkan, tempatkan Benteng Anda
pada baris ke-7 atau ke-8
Keberadaan Benteng pada baris ke-7
merupakan suatu keuntungan, bukan hanya karena membahayakan bidak lawan tetapi
juga karena membatasi Raja lawan dan menciptakan berbagai kemungkinan mat.
Benteng ganda pada baris ke-7
Dua Benteng yang menduduki baris ke-7
adalah senjata yang sangat berbahaya, karena lawan menjadi terhukum dalam
kepasifan yang sempurna. Sejumlah besar tekanan pada pangkalan bidak dan banyak
kemungkinan tema taktis, hampir selalu membawa keuntungan ini menjadi
kemenangan.
Tidak selalu bidak harus dipromosikan
menjadi Menteri
Dalam permainan para amatir, promosi
otomatis bidak menjadi Menteri seringkali mengakibatkan terjadinya kebuntuan
(stalemate) dan berakhir remis. Berhati-hatilah dalam mempertimbangkan perwira
mana yang paling tepat untuk keadaan tertentu.
Upayakan Kuda Anda dekat dengan pusat
Kuda, melebihi perwira lain, harus dekat
dengan pusat papan catur. Pertama, karena dari pusat Kuda dapat mengendalikan 8
petak, sedangkan dari tepi papan hanya mengendalikan 4 petak. Kedua, karena
untuk berpindah dari satu sisi ke sisi lain papan Kuda memerlukan 4 langkah
sedangkan dari pusat ke salah satu sisi papan dibutuhkan hanya 2 langkah saja.
Benteng harus segera menempati lajur
terbuka atau setengah terbuka
Selama pembukaan, Benteng adalah perwira
terakhir yang dikembangkan karena Benteng akan efektif ketika berada pada lajur
terbuka atau setengah terbuka.
Biasanya, petak ideal untuk ditempati
Benteng adalah e1, d1, dan c1 (e8, d8, dan c8 untuk Hitam), karena dari posisi
ini Benteng dapat memberikan tekanan terhadap pusat dan membela baris belakang
secara bersamaan.
Benteng mungkin, bagaimanapun, menjadi
pertahanan yang efektif ketika ditempatkan pada lajur ke-2 dan masih beroperasi
agresif dalam lajur tersebut.
Upayakan Gajah Anda tetap aktif
Keaktifan Gajah sebagian besar bergantung
pada penempatan bidak-bidak pendukungnya. Gajah yang tidak terhalang oleh
bidaknya sendiri adalah Gajah yang baik dan Gajah yang terbatasi oleh bidaknya
sendiri adalah Gajah yang buruk.
Upayakan bidak Anda berada pada petak
sewarna dengan petak Gajah lawan
Ketika lawan hanya memiliki satu Gajah,
Anda harus menempatkan bidak Anda pada petak yang berwarna sama dengan warna
petak yang ditempati oleh Gajah lawan. Namun, jika Anda hanya memiliki satu
Gajah, maka warna petak bidak Anda tidak harus sama dengan warna petak Gajah
Anda, baik lawan memiliki hanya satu Gajah atau pun tidak.
Gajah bernilai lebih dari Kuda dalam
posisi terbuka
Gajah harus memiliki diagonal untuk beroperasi
agar lebih efektif, sehingga semakin sedikit bidak di atas papan maka Gajah
semakin efektif. Dalam posisi terbuka - ketika diagonal tidak terhalang oleh
bidak - Gajah dapat menyerang sayap Raja dan pada saat yang sama dapat
melindungi sayapnya sendiri dari serangan Menteri. Di sisi lain, Kuda bisa
bermanuver hanya pada satu sisi karena keterbatasan mobilitasnya
Kuda bernilai lebih dari Gajah dalam posisi tertutup
Karena kemampuannya dalam melompati buah
lain, Kuda berpenampilan lebih baik dibandingkan Gajah dalam posisi rantai
bidak yang rapat.
Kuda memerlukan pos-pos luar (outposts)
Pos luar adalah petak, biasanya pada baris
ke-5 dan ke-6, yang berada di bawah perlindungan bidak dan tidak diserang oleh
bidak lawan. Jika Kuda menduduki pos luar maka akan memberikan banyak tekanan
terhadap pangkalan (camp) lawan dan juga mendukung perkembangan serangan sayap.
Biasanya dalam permainan akhir dengan
bidak yang aktif, Gajah bernilai lebih dari Kuda
Dalam pertarungan Gajah melawan Kuda,
warna Gajah harus dapat menjaga bidak yang aktif, sedangkan pada pihak lain
Anda harus dapat melumpuhkan bidak aktif lawan, sebaiknya pada petak yang
berwarna sama dengan petak yang ditempati oleh Gajah lawan.
Dua Gajah biasanya lebih kuat dari Gajah
dan Kuda dan Dua Kuda
Gajah adalah perwira yang berjelajah
panjang tetapi kelemahan utamanya adalah kemampuannya yang hanya mengendalikan
petak berwarna sama. Oleh karena itu dua Gajah saling melengkapi dengan
sempurna. Ketika terkoordinasi dengan baik, dua Gajah lebih unggul daripada
Gajah dan Kuda karena kedua lawannya ini akan memakan waktu cukup lama untuk
mencapai wilayah aktif yang disebabkan oleh keterbatasan mobilitas Kuda.
Keuntungan lain dari sepasang Gajah adalah
kapan pun Anda dapat menukarkan salah satunya terhadap Kuda lawan, sedangkan
akan cukup sulit bagi lawan untuk menukarkan Kudanya terhadap salah satu Gajah.
Cara melawan Gajah dan Kuda
Jika Anda memiliki sepasang Gajah untuk
melawan Gajah dan Kuda, batasi jangkauan Gajah lawan dengan menempatkan bidak
pada petak yang sewarna dengan petak Gajah lawan dan kurangi kekuatan Kuda
lawan dengan mencegahnya terhadap pendudukan pos-pos luar dan petak pusat.
Cara melawan sepasang Gajah
Jika lawan memiliki sepasang Gajah, batasi
aktivitasnya dengan membentuk rantai bidak sebagai perintangnya dan taklukkan
pos-pos luar untuk Kuda Anda.
Tempatkan bidak Anda pada petak yang
berbeda dari petak Gajah AndaJika Anda memiliki hanya satu Gajah,
upayakan untuk menempatkan bidak Anda pada petak yang berlainan warna dengan
petak Gajah. Selain menyediakan diagonal yang jelas untuk operasi Gajah, hal
ini juga memungkinkan bidak Anda dapat bekerja dalam harmoni yang sempurna dengan
perwiranya, mengendalikan satu warna petak, sedangkan Gajah mengendalikan warna
petak lainnya.
Gajah harus ditempatkan di depan suatu
rantai bidak
Gajah akan sangat lemah jika dibatasi oleh
bidak, karena itu selalu berusaha untuk mengeluarkannya dari rantai bidak jika
bidak-bidak berada di petak yang berwarna sama dengan petak Gajah.
Jika lawan memiliki dua Gajah, upayakan
untuk menukar salah satunyaKetika Anda bertarung dengan menghadapi
sepasang Gajah, upayakan untuk menukar salah satunya agar dapat menyingkirkan
penguasaan Gajah lawan terhadap petak yang dikendalikannya.
Perhatikan dengan teliti petak yang
dikendalikan oleh Gajah lawan
Jika lawan memiliki dua Gajah dan Anda
hanya satu (Gajah terang, misalnya) maka lawan memiliki kendali terhadap warna
petak lainnya (petak hitam, dalam contoh ini). Hal itu berarti Anda harus
memperhatikan dengan teliti terhadap petak tersebut, karena Gajah lain (pada
petak hitam) dapat menyerang bidak dan petak yang tidak dapat dibela oleh Gajah
Anda.
Gajah dapat menguasai KudaKarena jangkauannya yang lebih luas, Gajah
benar-benar dapat mengendalikan Kuda yang berada di tepi papan catur. Dalam
permainan akhir hal ini dapat berakibat fatal karena pihak yang memiliki Gajah,
pada dasarnya, bermain dengan perwira yang lebih unggul.
Pikirkan tentang pertahanan lebih dulu
Prinsip yang paling penting dalam catur
adalah keamanan. Pada setiap langkah lawan Anda, berhentilah sejenak lalu
tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:
Di manakah langkah ini mengancam saya?
Apa tujuan lawan saya?
Apa yang akan saya lakukan di wilayah
lawan saya?
Taksirlah perubahan yang dihasilkan dari
langkah lawan
Setiap langkah cukup dapat mengubah
situasi di atas papan catur. Oleh karena itu dianjurkan untuk bertanya pada
diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut ini setiap lawan selesai melangkah:
Apa langkah baru dalam serangan dan
pertahanan?
Di manakah pertahanan dan serangan yang
diurungkan?
Diagonal, baris, dan lajur manakah yang
terhambat?
Diagonal, baris, dan lajur manakah yang
terbebaskan?
Perwira lawan manakah yang dapat menempati
petak yang ditinggalkan oleh perwira yang melangkah?
Sekarang ke manakah yang dituju perwira
itu?
Pastikan baris belakang terlindungi
Pastikan Raja Anda dapat menyelamatkan
diri setiap skak pada baris belakang, sebelum Benteng Anda meninggalkan baris
ke-8. Selalu bijaksana untuk membuka jalan kecil untuk Raja meloloskan diri,
sebelum menarik Benteng dari baris ke-8.
Jangan biarkan perwira Anda menanggung
kelebihan beban
Perwira yang kelebihan beban adalah
perwira yang memerankan lebih dari satu fungsi pada waktu yang sama. Biasanya
berupa perwira yang sibuk membela dua atau lebih buah. Perwira yang kelebihan
beban mendasari serangan taktis yang menyebabkan kerugian materi, karena
perwira itu meninggalkan sesuatu yang tidak terlindungi ketika dipaksa untuk
melangkah.
Jangan menangkap perwira secara langsung
Dianjurkan untuk mempertimbangkan
kemungkinan langkah sela sebelum menangkap perwira apapun. Langkah sela adalah
senjata ampuh karena dapat mengejutkan lawan, selain menjadi unsur taktis yang
penting.
Hindari memajukan bidak yang melindungi
Raja Anda
Jangan pernah membiarkan Raja Anda berada
dalam bahaya skak
Skak yang tak terduga seringkali menjadi
kunci untuk serangan taktis.
Hindari penempatan perwira berat dalam
jangkauan perwira ringan
Perwira yang bernilai lebih besar tidak
boleh ditempatkan menghalangi perwira yang kurang agresif, karena yang
disebutkan terakhir itu akan menjadi tidak efektif.
Jika ruang Anda sempit, usahakan untuk
menukarkan satu atau dua perwira
Usahakan untuk menukarkan satu atau dua
perwira untuk membebaskan beberapa ruang, ketika Anda berada dalam posisi yang
terbatas. Sebaliknya ketika Anda memiliki keuntungan ruang, hindari pertukaran
dan gunakan keuntungan ini dengan segera mengalihkan serangan dari satu sisi ke
sisi lainnya.
Lenyapkan perwira terbaik lawan
Jika salah satu perwira lawan berada dalam
posisi yang sangat baik, usahakan untuk menukarnya.
Lindungi perwira Anda
Setiap perwira yang tidak terlindungi
mungkin dapat menjadi sasaran kombinasi lawan. Yang ideal adalah menjaga agar
semua perwira terlindungi oleh bidak atau ( jika tidak ada tersedia) oleh
perwira lainnya. Kerugian utama dari pembelaan perwira oleh perwira lain adalah
ketika perwira pelindung itu diserang dan dia harus meninggalkan perwira yang
dilindunginya itu.
Tempatkan perwira Anda pada petak yang
berbeda warna dari Gajah lawan
Jika lawan hanya memiliki satu Gajah,
usahakan untuk menempatkan semua perwira Anda pada petak yang berbeda warna
dari petak yang dapat dikendalikan oleh Gajah lawan.
Singkirkan semua perwira yang terpaku
Perwira yang terpaku (pinned) tidak dapat
bergerak dan selalu rentan terhadap serangan baru.
Tidak mungkin untuk menghindari kehilangan
materi ketika lawan dapat menyerang perwira yang terpaku ini dengan bidak.
Jangan memberikan kemudahan terhadap lawan
Jangan putus asa ketika Anda diserang,
bahkan dalam posisi yang jelas lemah sekali pun, selalu ada kesempatan untuk
bertahan hidup. Prinsip utama dalam hal ini adalah lakukan sesuatu yang
menyulitkan serangan lawan, tempatkan sebanyak mungkin rintangan pada jalan
lawan, bertahanlah serapat mungkin, dan rangsang lawan untuk membuat kesalahan.
Jika lawan melakukan serangan pada salah
satu sayap, lakukan serangan balik pada pusat
Seringkali jawaban terbaik terhadap
serangan sayap adalah serangan balik pada pusat, bahkan jika harus mengorbankan
bidak Anda sekali pun.
Perhitungkan (anticipate) ancaman lawan
Biasanya suatu ancaman langsung dapat
dengan mudah ditangkal, namun ancaman jarak jauh hanya ditangkal jika Anda
mampu memperhitungkannya dengan melakukan beberapa langkah sebelumnya. Jika
tidak, ketika ancaman jarak jauh mendekat, ancaman itu akan datang bersamaan
dengan ancaman langsung lain yang juga perlu segera mendapatkan perhatian Anda.
Tukarlah Gajah Fianchetto lawan
Hal ini dimaksudkan untuk melemahkan
sekelompok petak yang dekat dengan Raja, yang dapat membuka jalur untuk suatu
serangan.
Perbaiki posisi perwira Anda
Usahakan secara bertahap Anda memperbaiki
posisi perwira sehingga mereka dapat lebih mengendalikan petak-petak penting,
bekerja sama dengan perwira pendukungnya, dan memberikan lebih banyak tekanan
pada wilayah lawan.
Batasi pergerakan perwira lawan
Usahakan, bila memungkinkan, untuk
mengusir perwira lawan sejauh mungkin dari medan pergerakannya.
Sekaplah perwira lawan
Mengurung perwira lawan agar tak terlibat
dalam permainan untuk sementara waktu mungkin cukup untuk mendapatkan
keuntungan yang menentukan.
Jangan selalu membuat ancaman
Lawan Anda terpaksa mengerahkan sumber
daya untuk menghadapi ancaman yang Anda buat, yang menyisihkan perhatiannya
terhadap rencananya sendiri.
Buat kelemahan baru di daerah lawan
Jangan pernah puas dalam menyerang
kelemahan yang ada pada posisi lawan, tetapi usahakan untuk membuat kelemahan
yang baru. Seringkali langkah pertama untuk serangan ke sayap Raja adalah
memaksa kelemahan bidak.
Pusatkan kekuatan Anda pada titik lemah
lawan
Ketika Anda menekan titik tertentu, lawan
dipaksa untuk membawa perwiranya untuk melindungi titik tersebut dengan
meninggalkan daerah lain yang tidak terlindungi dan menjadikannya sasaran
serangan baru.
Kumpulkan keuntungan sebelum menyerang
Sebelum memulai serangan, Anda harus
membuat kelemahan dalam posisi lawan dan menempatkan sebanyak mungkin perwira
dalam posisi agresif. Suatu serangan yang gegabah akan memberikan lawan
kesempatan untuk mengatur pertahanannya.
Pusatkan sebanyak mungkin pasukan ketika
Anda menyerang
Untuk memastikan suatu serangan yang
berhasil, sangat penting untuk memusatkan kekuatan Anda pada sasaran Anda agar
dapat mencegah lawan menggunakan pertahanannya yang efektif. Meskipun serangan
ini gagal, kelemahan lawan sangat mungkin akan meningkat.
Bukalah baris, lajur, dan diagonal
Lenyapkan perwira kunci pada pertahanan lawan
Kenali ciri perwira yang paling penting
pada pertahanan lawan ketika Anda sedang menyerang dan berusahalah untuk
melenyapkannya.
Hindari pertukaran pada saat menyerang
Kecuali ada alasan yang sangat baik,
dianjurkan untuk tidak menukarkan perwira pada saat menyerang, karena hal ini
dapat lebih memudahkan lawan dalam membentuk pertahanannya.
Terutama pertukaran Menteri, biasanya akan
melemahkan serangan.
Rencanakan gejala bakal terjadinya
pertukaran (hypothetical trades)
Secara mental menyingkirkan perwira dari
atas papan, penilaian terhadap posisi baru, dan pemeriksaan (verifikasi) apakah
situasi baru lebih buruk atau lebih baik dari sebelumnya adalah teknik yang
sangat berguna dalam melakukan penilaian (evaluasi) apakah pertukaran akan
dilakukan atau tidak.
Segera alihkan serangan Anda dari satu
sisi ke sisi lain
Seringkali diperlukan untuk membuat
setidaknya dua kelemahan dalam posisi lawan untuk memenangi permainan.
Akibatnya, serangan yang bergantian pada titik-titik lemah tersebut akan
menjadi senjata yang sangat kuat (terutama saat lawan tidak memiliki cukup
ruang) karena perwira lawan akan menanggung kelebihan beban untuk membela kedua
posisi pada waktu yang sama.
Kapanpun Anda memiliki keuntungan materi,
sederhanakan!
Keuntungan materi akan bertambah dan
semakin kuat (intens) seiring dengan jumlah perwira yang terjatuh dari papan.
Perbedaan 1 buah dalam pertempuran 4 melawan 3 jauh lebih berarti daripada
dalam pertempuran 10 melawan 9.
Setelah melakukan serangan, atur ulang
perwira Anda
Biasanya setelah perwira melakukan
serangan akan kehilangan keselarasannya. Oleh karena itu sebelum memulai
serangan baru terhadap lawan, atur ulang kekuatan Anda dan lindungi titik lemah
Anda secepat mungkin.
Ketika Anda memiliki kelebihan bidak,
dianjurkan untuk menukarkan perwira,
bukan bidak
Prinsipnya sangat sederhana: lebih sedikit
perwira dalam permainan, lebih sedikit kerumitan dalam posisi, dan lebih mudah
dalam menjajaki (eksplorasi) keuntungan materi.
Arahkan Raja Anda ke pusat (sentralisasi)
secepat mungkin dalam permainan akhir
Setelah sebagian besar perwira (terutama
Menteri) dipertukarkan, Raja mengambil peran dominan dalam pertempuran dan
menjadi buah yang agresif. Karena Raja memiliki kekurangan dalam pergerakannya,
dianjurkan untuk memusatkan Raja secepat mungkin agar dapat bergerak cepat
menuju posisi yang sangat memerlukannya.
Raja harus aktif dalam permain akhir
Dalam kebanyakan permainan akhir, Raja
harus mengurangi kekhawatirannya tentang mat dan harus berperan dalam posisi
yang lebih aktif, terutama mengejar dan menghadang bidak
Desak lawan ke arah Zugzwang
Zugzwang adalah situasi di mana setiap
langkah yang dibuat oleh pemain menghasilkan situasi yang bahkan lebih buruk
daripada jika tidak ada langkah sama sekali yang dilakukan (lihat diagram).
Sumber daya ini terutama penting dalam permainan akhir Gajah melawan Kuda.
Karena Gajah memiliki kendali praktis atas
petak-petak sewarna ketika melangkah pada diagonal, maka dia memiliki banyak
keuntungan waktu daripada Kuda yang kehilangan kendali atas petak-petak yang
dilalui oleh langkahnya.
Banyak kemenangan didasari oleh memenangi
pertentangan (oposisi)
Kedua Raja berada dalam pertentangan
(oposisi) jika keduanya berada pada kolom, baris, atau diagonal yang sama
dengan hanya satu petak bebas di antara mereka. Pertentangan adalah semacam
Zugzwang, di mana langkah dari satu Raja membuka jalan lewat terhadap yang
lain. Memenangi pertentangan berarti bahwa pemain melangkahkan Rajanya untuk
mendesak Raja lawan ke dalamZugzwang, dengan memaksa Raja lawan untuk mengambil
langkah berikutnya.
Permainan akhir dengan Gajah berlawanan
warna biasanya berakhir seri
Kedua Gajah yang berlawanan warna dapat
mewakili keuntungan untuk warna yang aktif dalam permainan tengah, karena Gajah
yang bertahan (defensif) tidak akan mampu menyurutkan (neutralize) tekanan pada
diagonal tertentu. Namun demikian dalam permainan akhir, satu Gajah tidak dapat
menyerang titik-titik yang dapat dipertahankan oleh Gajah lawannya.
Bidak sayap sangat kuat dalam melawan Kuda
Biasanya Kuda mengalami kesulitan waktu
dalam melawan bidak bebas, karena pergerakannya yang lamban. Jika bidak
tersebut adalah bidak pinggir (bidak Benteng), itu akan lebih menyulitkan
karena pergerakan Kuda menjadi lebih terbatas ketika berada dekat tepi papan.
Aktifkan Benteng Anda dalam permainan
akhir
Benteng aktif jelas jauh lebih kuat
daripada yang pasif. Dalam permainan akhir, hal ini mungkin (kadang-kadang)
cukup untuk memenangi permainan.
Selalu tempatkan Benteng di belakang bidak
bebas
Benteng menjadi lebih aktif ketika berada
di belakang bidak bebas, baik untuk mendukung bidak tersebut maupun untuk
menyerang bidak lawan.
Pihak yang merugi dalam pertukaran harus
menghindari pertukaran Benteng kedua
Seringkali ketika seorang pemain merugi
dalam pertukaran, cara paling sederhana untuk memenangi permainan akhir adalah
menghindari pertukaran Benteng kedua terhadap Benteng lawan. Biasanya perwira
ringan yang kesepian memiliki sedikit peluang dalam melawan Benteng.
Buatlah bidak bebas jika bidak Anda
berlebih (majority)
Untuk menciptakan bidak bebas dari bidak
berlebih, majukan bidak pertama yang tidak memiliki lawan pada lajurnya. Jika
lawan berhasil menempatkan bidaknya langsung di depan bidak terdepan Anda maka
keuntungan kelebihan bidak Anda cenderung menghilang, karena bidak pinggir
tidak memiliki dukungan untuk maju.
Pusatkan Menteri dalam permainan akhir
Meskipun Menteri tidak boleh terlalu
terbuka selama bagian pertama dari permainan, setelah beberapa pertukaran
perwira Menteri harus terpusat, bila memungkinkan. Pada salah satu petak pusat
Menteri mencapai mobilitas tertingginya (hampir setengah papan) dan mencegah
Menteri lawan untuk menduduki posisi terpenting.
Selalu memperkirakan lawan melakukan
langkah terbaik
Jangan membuat langkah dengan keyakinan
bahwa lawan Anda tidak akan menemukan jawaban terbaik untuk itu. Selalu
berusaha untuk membuat langkah yang secara bertahap menambah baik posisi Anda,
bahkan jika lawan Anda menemukan jawaban terbaik sekali pun.
Tidak setiap kelemahan itu buruk
Kelemahan hanya relevan jika lawan dapat
menjajakinya. Bidak hanya lemah jika dapat ditangkap, petak hanya lemah jika
lawan dapat mendudukinya.
Setiap aturan dibuat untuk dilanggar
Catur bukan ilmu pasti dan semua tips dan
konsep yang disajikan dalam tulisan ini tidak dapat diterapkan 100% dalam
situasi yang dihadapi, tidak juga harus diikuti secara membabi buta. Salah satu
perbedaan besar antara Grandmaster dan amatir adalah mengetahui kapan prinsip
strategi dasar harus dilanggar atau tidak. Secara umum Anda disarankan: hindari
memajukan bidak yang melindungi Raja Anda, kecuali Anda memiliki alasan yang baik
untuk melakukannya.
Rokade ke sayap Raja menempatkan Raja
menjauh dari pusat dan aman di belakang barisan bidak yang melindunginya,
selain juga langkah lebih cepat daripada rokade ke sayap Menteri karena cukup
memindahkan hanya dua perwira sebelumnya. Di sisi lain, rokade lawan pada sisi
yang berseberangan mungkin akan sangat menarik untuk menciptakan peluang
serangan.
Setiap langkah bidak menciptakan kelemahan
yang mungkin tampak tidak relevan pada posisi pertama tetapi dapat dieksplorasi
lebih lanjut oleh lawan.
Sangat penting untuk membuka baris dengan
melangkahkan bidak atau mengorbankan perwira.