Diberdayakan oleh Blogger.
"GENS UNA SUMUS" Kita Semua Adalah Saudara.

Selasa, 14 Oktober 2014

Pecatur Tak Pernah Coba-coba



Oleh : Kifli Tunasli
Sumber : https://www.facebook.com/kifli.tunasly?hc_location=stream
Ada rahasia luar biasa yang hanya diketahui oleh orang-orang catur, sentuh berarti langkahkan dan tidak boleh ditarik kembali, aturan ini sepintas lalu terlihat sederhana dan natural, tapi sangat bernilai dalam pembentukan karakter dan watak seseorang.
Hidup ini singkat, ibarat sebuah partai catur, oleh karena itu berusahalah agar jangan melakukan kesalahan sekecil apapun. Pada catur sebuah kesalahan sudah cukup untuk kalah dan mengagalkan seluruh langkah benar sebelum dan setelahnya. Dalam hidup ini sering seseorang tidak mempunyai cukup waktu untuk memperbaiki sebuah kesalahan yang pernah dilakukan atau diputuskannya. Waktu demikian cepat berlalu dan hidup masa kini pun telah berubah menjadi keras dan tidak memberi tempat untuk setiap keputusan keliru.

Kita semua harusnya berterima kasih pada Sigmund Freud yang telah mengingatkan bahwa, daya pikir manusia bukan saja dapat dipergunakan untuk menemukan dan memutuskan hal-hal yang benar, namun sekaligus juga dapat dipergunakan untuk mempertahankan argumentasi-argumentasi yang tidak benar, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain.
Pecatur adalah mahluk yang termenung dengan tinju didagunya, berpikir teratur dan teliti tentang semua hal yang sedang dihadapi dan harus dijawab, seorang pecatur tidak menerima atau menolak sesuatu secara begitu saja, melainkan menampung semua materi lalu mengkajinya dengan cermat sebelum memutuskan. Karena kebiasaannya dalam pertandingan, satu langkah salah saja sudah akan berakibat fatal, para pecatur menyadari bahwa suatu keputusan apapun tidak bisa ditarik kembali, oleh karena itu pecatur bukan saja mengandalkan pengetahuan dan daya analisa, namun juga integritas kepribadiannya.
Seorang pecatur tdk pernah coba-coba, setiap kali melakukan proses berpikir tentu seluruh pikiran dan jiwanya bersatu bersama konsentrasi yang dalam. Itulah salah satu kelebihan pemain catur, sebab dia selalu melatih diri untuk tidak mudah terpukau pada suatu argumen dalam pikirannya yang sepintas lalu seakan-akan mengandung kebenaran. Pecatur sejati hanya dapat kalah dari lawan yang lebih pandai dan bukan karena melakukan kesalahan sindiri.

Catur adalah suatu kegiatan intelektual, proses berpikir untuk menemukan langkah-langkah sesungguhnya adalah pertimbangan-pertimbangan untuk memutuskan sesuatu dengan benar sehingga dapat memenangkan permainannya.
Proses menemukan yang benar dengan pola pikir ilmiah ini, seharusnya berimplikasi pada moral dan sikap etis kepribadian seorang pecatur, seyogyanya ketika memutuskan apapun dalam keseharian, kita jangan membiarkan hal yang keliru pada pikiran, karena seperti semua lawan, hidup ini pun tidak pernah memberi ampun dan akan menghukum dengan sekeras-kerasnya.
Sebagai pecatur yang konsisten dengan cara berpikir kita, selalu mencari yang paling benar dan tepat, kukuh dalam pendirian dan tidak pernah menyesali kekalahan melainkan berusaha melatih diri lebih baik lagi, mentalitas ini selanjutnya dapat kita jadikan sebagai pandangan hidup, sehingga kecerdasan yang diperoleh dari catur dilengkapi oleh nilai-nilai moral yang baik.
Sebagai pecatur kita tidak bisa lari dari pola pikir catur, sebab hal itu sudah merupakan bagian dari hakikat ilmu catur dan diri kita sendiri, bagaimanapun kita tidak akan pernah bisa melarikan diri dari kita sendiri, kemana lagi kita akan pergi?.

Hidup hanyalah papan catur yang diperluas, touch-move, tidak dizinkan berlama-lama memegang buah, oleh karena itu pertimbangkanlah apapun dengan kecermatan yang mendasari etis dan moralitas catur sebelum memutuskan sesuatu dengan ketetapan hati.
Jadilah unggul bukan hanya di catur tetapi juga ketika melayari bahtera hidup, kompas kita adalah ilmu catur yang kita pelajari dengan tekun dan bersungguh-sungguh. GENS UNA SUMUS

READ MORE - Pecatur Tak Pernah Coba-coba

Notasi Catur


Notasi artinya catatan. Setiap langkah dalam permainan catur harus dicatat. Dari catatan atau notasi itu, kita bisa memainkan ulang jalannya pertandingan antara para juara.
Sistem notasi yang diakui oleh Federasi Catur Dunia ( lazimnya disingkat FIDE ) adalah Sistem Aljabar. Caranya mudah sekali.
Kita sudah mengetahui nama dari setiap petak. Setiap buah catur ditandai dengan huruf awal namanya, kecuali bidak. Singkatan nama buah catur ini harus selalu menggunakan huruf besar. Namun belakangan ini sesuai perkembangan teknologi, singkatan nama buah itu sering juga di tukar dengan gambar buah seperti yang ada pada diagramnya. Singkatan dari nama buah catur adalah sebagai berikut.
R = Raja
M = Menteri
B = Benteng
G = Gajah
K = Kuda
Notasi Panjang
Langkah buah catur dicatat dengan menyebutkan singkatan dari buah catur yang bersangkutan dan digabung dengan petak asalnya lalu kemudian petak tujuannya. Untuk bidak hanya disebut petak asalnya dan petak tujuannya. Apabila langkah buah itu hanya berupa jalan biasa, maka antara petak asal dan petak tujuan diberi tanda “-“. Kalau langkah itu berupa pemukulan, maka tanda itu berupa “x”.
Umpamanya :
e2-e4 artinya bidak e2 maju ke petak e4
Kg8-f6 artinya Kuda dari petak g8 lompat ke petak f6.
Gf1-c4 artinya Gajah dari petak f1 melangkah ke petak c4
Kf6xe4 artinya Kuda dari petak f6 memukul buah yang ada di petak e4
c7-c8M artinya bidak c7 maju ke petak c8 dan promosi menjadi Menteri
f2-f1K artinya bidak di petak f2 maju ke f1 dan promosi menjadi Kuda
g7xh8B artinya bidak g7 memukul buah lawan di h8 dan sekaligus promosi jadi Benteng
Notasi panjang ini dapat pula disebut notasi lengkap. Dikatakan lengkap karena menyebutkan petak asal dari buah catur itu.
Notasi Pendek
Cara yang lebih pendek, tidak menyebutkan petak asal buah catur itu. Dalam hal ini tertu harus diartikan bahwa hanya ada satu buah catur yang sejenis yang dapat pergi ke petak itu.
Contoh notasi panjang diatas dapat dijadikan notasi pendek.
Dalam notasi pendek menjadi :
e2-e4 = e4
Kg8-f6 = Kf6
Gf1-c4 = Gc4
Kf6xe4 = Kxe4 ( tanda pukul “x” tetap digunakan )
c7-c8M = c8M
f2-f1K = f1K
g7xh8B = h8B
Tetapi seandainya ada dua buah catur sejenis yang dapat pergi ke petak yang sama, maka notasi pendek harus dilengkapi dengan cara sebagai berikut. Umpama :
Dua Kuda berada pada petak g8 dan d7.
Dengan demikian maka langkah Kg8-f6 harus ditulis dalam notasi pendek dengan Kgf6 untuk membedakannya dengan langkah Kd7-f6 yang ditulis Kdf6.
Jika Kuda itu masing-masing berada pada petak g8 dan g4, maka langkah Kg8-f6 dalam notasi pendek menjadi K8f6, sedangkan Kg4-f6 menjadi K4f6.
Ketentuan untuk kuda ini juga berlaku untuk Benteng, karena juga ada kemungkinan yang sama untuk menuju ke petak yang sama. Kalau memakai notasi pendek berhati-hatilah dengan Kuda dan Benteng.
Tanda-tanda notasi
Tanda-tanda lain yang lazim digunakan dalam notasi catur ialah.
0-0 = rokade dengan Benteng h1 atau h8 yang biasa disebut rokade pendek ( rokade kesayap raja )
0-0-0 = rokade dengan Benteng a1 atau a8 yang biasa disebut rokade panjang ( rokade kesayap menteri )
+ = tanda sekak atau skak ( serangan terhadap raja )
++ = tanda sekak mat atau boleh disingkat mat.
! = langkah yang bagus.
!! = langkah yang sangat bagus.
? = langkah yang buruk.
?? = langkah yang sangat buruk.
!? = langkah yang patut dikaji.
?! = langkah yang diragukan.
e.p = tanda “ en passant “ (sambil lalu ). Tanda ini muncul dibelakang langkah bidak yoang melakukan pemukulan “ en passant “.
Langkah Teks
Yang dimaksud dengan langkah teks ialah langkah yang sebenarnya dimainkan dalam satu partai. Biasanya langkah teks itu ditulis dengan notasi panjang atau dicetak tebal. Langkah komentar atau analisa yang mengulas permainan itu, biasanya ditulis dengan notasi pendek atau dicetak biasa. Berikut ini contoh ulasan singkat penggalan suatu partai catur.
1. e2-e4 e5-e5
2.Kg1-f3 d7-d6
Selain langkah teks diatas ( maksudnya langkah d7-d6 ), hitam mempunyai pilihan lain seperti 2…..Kc6 atau 2…..e6.
READ MORE - Notasi Catur

Dasar Permainan Catur


 Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai. 
Arti istilah catur

Kata catur diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti "empat". Namun kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari caturangga yang berarti empat sudut. Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern di mana pesertanya hanya dua orang saja.
Kemudian kata caturangga ini diserap dalam bahasa Persia menjadi shatranj. Kata chess dalam bahasa Inggris diambil dari bahasa Persia shah
Pengaturan
Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja
Gerakan
Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Setiap langkah hanya boleh menggerakkan satu bidak saja (kecuali untuk rokade di mana ada dua bidak yang digerakkan). Bidak dipindahkan ke petak kosong, ataupun yang ditempati oleh bidak lawan, yang berarti menangkapnya dan memindahkan bidak lawan dari permainan. Ada pengecualian, yaitu untuk gerakan en passant.
Setiap bidak catur memiliki gerakan yang unik sebagai berikut:
· Raja dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan sebuah benteng.
· Benteng dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain. Seperti yang telah di atas, benteng terlibat dalam gerakan rokade.
· Gajah dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain.
· Ratu memiliki gerakan kombinasi dari Benteng dan Gajah.
· Kuda memiliki gerakan mirip huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Kudalah satu-satunya bidak yang dapat melompati bidak-bidak lain.
· Pion dapat bergerak maju (arah lawan) satu petak ke petak yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, pion dapat bergerak maju dua petak. Pion juga dapat menangkap bidak lawan secara diagonal, apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion memiliki dua gerakah khusus, yaitu gerakan menangkap en passant dan promosi.  
Rokade
Rokade (dalam bahasa Inggris, castling) merupakan gerakan khusus dalam catur di mana Raja bergerak dua petak menuju Benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan Benteng pada petak terakhir yang dilalui Raja. Persyaratan rokade adalah sebagai berikut:
· Bidak Raja dan Benteng yang akan dilibatkan dalam rokade harus belum pernah bergerak
· Tidak ada bidak lain di antara Raja dan Benteng
· Raja tidak sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja tidak sedang diserang oleh bidak lawan
Hal-hal berikut ini merupakan kesalah pengertian dalam rokade, yang semestinya tidak berlaku:
· Bidak benteng yang terlibat rokade sedang diserang
· Jika benteng yang dilibatkan berada di sisi Ratu, petak yang berada persis di samping Benteng tersebut tidak boleh dalam serangan

En passant 

Ketika pion bergerak dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan, maka pion lawan dapat menangkap dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut (seolah-olah pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun demikian, gerakan ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah gerakan pion maju dua petak, atau hak lawan untuk melakukan gerakan en passant ini hilang. 

Promosi 

Ketika pion telah maju hingga menempati baris paling akhir, berbarengan dengan gerakan maju tersebut, pion dipromosikan dan harus ditukar dengan bidak berdasarkan keinginan pemain, yaitu Ratu, Benteng, Gajah, ataupun Kuda dengan warna yang sama. Pada umumnya, pion dipromosikan menjadi Ratu. Tidak ada peraturan yang membatasi bidak yang dipilih sebagai promosi, jadi dimungkinkan memiliki bidak yang melebihi jumlahnya waktu awal permainan (semisal, dua Ratu). 

Skak
Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan menangkap bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak. 
Akhir Permainan
Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5. 
Berbagai versi
Terdapat berbagai macam versi permainan Catur - Catur KlasikCatur CepatCatur KilatCatur ButaCatur SimultanCatur TandemCatur EstafetCatur OnlineCatur KorespondensiCatur Kartu,Catur Jawa dan sebagainya. 
Juara
Seorang pecatur yang telah memenangi berbagai turnamen berhak mendapatkan gelar catur yang sesuai dengan prestasinya. Dalam dunia catur terdapat beberapa macam gelar - Gelar Internasional yaitu Grandmaster (GM), Grandmaster Wanita (GMW), Master Internasional (MI), Master Internasional Wanita (MIW), Master FIDE (MF), Master FIDE Wanita (MFW), Candidate Master (CM) dan Woman Candidate Master Wanita (WCM). Gelar Internasonal dikeluarkan oleh FIDE (Organisasi Catur Dunia). Dan di Indonesia juga dikenal gelar lokal yaitu Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), Master Percasi (MP) dan Master Percasi Wanita (MPW). Gelar nasional dikeluarkan oleh PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).

READ MORE - Dasar Permainan Catur

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP